Penyearah Terkendali

Penyearah terkendali (controlled rectifier) atau sering juga disebut dengan konverter merupakan rangkaian elektronika daya yang berfungsi untuk mengubah tegangan sumber masukan arus bolak-balik dalam bentuk sinusoida menjadi tegangan keluaran dalam bentuk tegangan searah yang dapat diatur atau dikendalikan. Komponen semikonduktor daya yang digunakan umumnya berupa SCR yang beroprasi sebagai saklar, pengubah, dan pengatur.

Jenis sumber tegangan masukan untuk mencatu rangkaian konverter dapat digunakan tegangan bolak-balik satu fasa maupun tiga fasa. Konverter satu fasa merupakan rangkaian penyearah daya dengan sumber masukan tegangan bolak balik satu fasa, sedangkan konverter tiga fasa merupakan rangkaian penyearah daya dengan sumber masukan tegangan bolak-balik tiga fasa. 

Berbeda dengan penyearah daya, dalam rangkaian konverter dapat dilakukan dalam bentuk penyearahan terkendali setengah gelombang (halfwave), penyearah gelombang penuh (fullwave), dan semikonverter. Pembebanan pada rangkaian penyearah terkendali juga dipasang beban resistif atau beban resistif-induktif. Untuk mendapatkan tegangan keluaran yang dapat diatur, digunakan penyearah terkendali, dimana fungsi dioda digantikan oleh SCR pengatur fasa (fasa controlled SCR).

Tidak ada komentar

Tidak ada komentar :

Posting Komentar