Saklar Statis

Saklar statis adalah saklar elektronika yang tidak membutuhkan komponen mekanis untuk melakukan kontak. Untuk menghubungkan antara input dan output, saklar statis tidak perlu melakukan gerakan mekanis seperti yang terjadi pada saklar manual atau sejenis kontak relay. Beberapa komponen yang bisa digunakan sebagai saklar statis adalah : Transistor, Thyristor, Reaktor Saturable, SCR.

Saklar statis dapat digunakan sebagai Rele Solid State (SSR), yang mana digunakan untuk kontrol daya ac dan dc. SSRs mendapatkan banyak aplikasi pada control industri (eg kontrol dari beban motor, transformer, pemanasan resistansi, dan sebagainya) untuk menggantikan rele elektromekanik. Untuk aplikasi ac, thyristor atau TRIAC dapat digunakan dan untuk dc aplikasi, transistor dapat digunakan. SSRs secara elektrik diisolasi normal antara sirkuit kontrol dan sirkuit beban dengan rele reed, transformator, atau opro coupler.

Saklar solid state terdapat secara komersial dengan tegangan yang dibatasi dan range testing arus dari 1 A hingga 50 A dan hingga 440 V jika kebutuhan untuk desain SSRs untuk mengetahui persyaratan yang spesifik, desain sederhana, dan membutuhkan penentuan tegangan dan rating arus dari peralatan semikonduktor daya.
Pada sistem saklar statis digunakan komponen semikonduktor seperti SCR. Pada dasarnya penggunaan SCR akan lebih baik karena kecepatan peralihan pada saklar elektromekanikal terlalu lama yaitu sekitar 50 sampai 100 ms jika dibandingkan dengan operasi pemindahan yang dilakukan dengan SCR yang hanya membutuhkan waktu 3 sampai 4 ms.

Tidak ada komentar

Tidak ada komentar :

Posting Komentar